Penelusuran google

Senin, 03 September 2007

Pembajak

Hari ini saya berkesempatan mencoba alat pengganda CD. Tidak seperti PC biasa yang menggunakan perangkat lunak untuk membakar/menggandakan CD, alat ini tidak menggunakan perangkat lunak khusus dan memang dibuat khusus hanya untuk menggandakan CD.

Bentuknya sepintas seperti CPU sebuah PC, hanya semua bagian depannya terdiri dari sebuah sebuah DVD ROM, tujuh buah DVD RW, dan sebuah alat pengganda CD/DVD yang dimensinya sama dengan DVD/CD ROM. Semau perangkat tersebut disusun dalam sebuah rak seukuran casing tipe ATX. Sebuah DVD ROM yang letaknya paling atas berfungsi sebagai pembaca CD/DVD master.

Pengoperasiannya cukup mudah, masukkan tujuh buah CD/DVD kosong dalam DVD RW yang ada kemudian masukkan CD/DVD yang hendak digandakan ke dalam DVD ROM. Setelah itu, serahkan semua pada perangkat keras pengganda CD/DVD. Tidak lebih dari 3 menit, tujuh CD/DVD hasil penggandaan sudah dapat digunakan. Waktu tiga menit tersebut untuk CD, mungkin untuk DVD lebih lama.

Selanjutnya kita hitung, tujuh CD dalam waktu tiga menit, berarti sekitar 140 CD dalam waktu satu jam. Jika pelaku pembajakan CD bekerja selama enam jam sehari, dia dapat memproduksi 840 CD sehari. Belum lagi kalau dia mempunyai lebih dari satu alat.

Pantesan Glodok tak pernah sepi.

n.b.
Sayang sekali saya tidak bisa menampilkan fotonya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulislah apa yang ingin ditulis dan dan klik "Poskan Komentar" bila Anda sudah siap.

Konten Lainnya