Penelusuran google

Sabtu, 27 Maret 2010

Anda Lahirnya Selasa Pahing, Tidak Cocok Kerja Apapun

Tetikus (lagi sok cinta plodhuk dalam negeri, nih) saya yang seharga goban tidak mau merespon lagi. Sudah saya goyang ke sana ke mari kursor di layar tetap bergeming. Saya klak-klik-klak-klik juga itu tikus tidak ada perubahan apa-apa di layar laptop. Jadi secara resmi saya nyatakan beliau meninggal dunia dengan tenang.

Untuk mengetahui penyebab kematian, saya coba otopsi itu bangkai tikus. Pengamatan sekilas terhadap kondisi tubuh tidak menunjukan adanya kerusakan fisik. Untuk lebih yakin, saya goyang-goyang sambil menekuk-nekuk kabelnya. Ternyata dengan posisi kabel tertentu tetikus (hihi ... geli ngetiknya)saya masih bisa digunakan. Jadi, penyebab kematian adalah kabel yang putus di dalam.

Secara teori, kasus semacam ini masih bisa diatasi dengan cara memotong bagian kabel yang dicurigai putus di dalam kemudian menyambung kabel yang tersisa langsung ke papan sirkuit. Dengan semangat empat lima saya persiapkan pembedahan yang akan saya lakukan yaitu dengan membeli solder dan kawat timah sebagai peralatan vital.

Tahap pertama adalah membongkar casing. Kedua, potong kabel sepanjang lima senti meteran dari ujung sambungan. Kemudian lepas kabel yang menempel di papan sirkuit dengan solder. Tahap terakhir adalah menyambung kabel yang masih bagus ke papan sirkuit dengan solder.

Satu hal yang saya lupakan adalah saya tidak mempunyai kompetensi untuk melakukan hal ini. Kabel dan lubang di papan sirkuit yang super kecil rupanya sangat merepotkan. Berulang kali berusaha menyolder dengan benar kabel belum tersambung juga. Malah, karena titik-titik sambungan yang sangat berdekatan membuat solderan amatiran saya menjadi tersambung antara titik satu dengan titik lainnya. Sampai akhirnya alur-alur tembaga yang disolder mengelupas karena terlalu banyak menerima panas. Dengan tidak semangat saya angkat bendera putih ke arah pasukan musuh. Saya menyerah dan merencanakan untuk membeli tetikus baru.

2 komentar:

  1. kayaknya harus mewarisi gen "tukang listrik" untuk bisa mennyolder dgn baik dan benar.

    BalasHapus
  2. Kalo Selasa Kliwon Mas?

    BalasHapus

Tulislah apa yang ingin ditulis dan dan klik "Poskan Komentar" bila Anda sudah siap.

Konten Lainnya